Etika Kristen ( Konsep Diri)

Posted: January 24, 2013 in Etika Kristen

Apa itu konsep diri?
Menurut Calhoun dan Acocella konsep diri adalah pandangan manusia terhadap diri sendiri yang meliputi dimensi: pengetahuan tentang diri sendiri, pengharapan mengenai diri sendiri, dan penilaian tentang diri sendiri baik secara fisik, psikis, sosial, intelektual, moral maupun spritual. pandangan ini diperoleh manusia melalui pengalamannya berintraksi dengan orang lain yang mempunyai arti penting dalam hidupnya.
Pada dasarnya, konsep diri bukanlah faktor hereditas (bawaan/lahir), tetapi faktor yang dipelajari dan dibentuk melalui pengalaman manusia secara individu berhubungan dengan orang lain, sebab persepsi (cara pandang) seseorang mengenai dirinya dibentuk selama hidupnya, melalui hadiah dan hukuman dari orang-orang yang ada disekitarnya.
Konsep diri mempunyai arti yang lebih mendalam dari sekedar gambaran deskriptif. Konsep diri adalah aspek yang penting dari fungsi-fungsi manusia karena sebenarnya manusia sangat memperhatikan hal-hal yang berhubungan dengan dirinya, termasuk siapakah dirinya , seberapa baik seseorang manusia merasa tentang dirinya, seberapa efektif fungsi-fungsinya atau beberapa besar pengearuh dirinya terhadap orang lain.

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s